Jumat, 16 April 2010

Pro liga indonesia


Bagi para pecinta bolavoli Indonesia tentu tidak asing dengan kata ProLiga. Namun bagi sebagian orang masih bertanya-tanya, apa si ProLiga itu ?

ProLiga adalah satu-satunya even resmi bolavoli profesional yang ada di Indonesia. Even ini merupakan salah satu agenda rutin PBVSI yang menggandeng satu atau lebih sponsor dan disiarkan oleh satu atau beberapa stasiun televisi.

Even ini menggabungkan nilai olahraga bolavoli dengan entertaintment. Tujuannya untuk lebih memasyarakatkan olahraga bolavoli dan nantinya dapat menjadikan bolavoli sebagai salah satu media promosi yang bisa mudah diterima oleh masyarakat luas di Indonesia.

Setiap tim peserta ProLiga diwajibkan memberi nilai kontrak setiap atletnya secara profesional oleh manajemen. Nilai kontrak setiap atlet bisa sama ataupun berbeda, tergantung dari tingkat skill individu atlet dan negoisasinya.

Untuk dapat mengikuti ProLiga, setiap tim harus membayar biaya pendaftaran dan menyetorkan uang jaminan. Uang jaminan ini bertujuan untuk mengantisipasi setiap pelanggaran atau sikap “mogok” tidak melanjutkan pertandingan dari sebuah tim. Uang jaminan ini akan dikembalikan setelah even ProLiga selesai digelar.

Pertandingan dalam ProLiga dilaksanakan secara berpindah-pindah, umumnya di kota masing-masing basecamp tim pesertanya. Dalam even ProLiga dilaksanakan Babak penyisihan, Final Four dan Grand Final. Namun ada juga even yang selalu dinantikan banyak orang, yaitu babak Perang Bintang. Sesi perang bintang ini mempertandingkan 2 tim terbaik berdasarkan wilayah tim pesertanya, wilayah Timur dan Barat. Pemilihan para pemainnya pun tergolong unik, karena disamping penilaian panitia, pemain yang akan berlaga bisa dipilih oleh penonton melalui pooling sms.

Hadiah yang disediakan pihak panitia terbilang cukup besar, yaitu berkisar 100jt-200jt untuk juara I. Disamping hadiah yang diberikan bagi para juara, even ini juga memberi penghargaan bagi setiap atlet yang memiliki skill terbaik selama even berlangsung. Seperti Pemain terbaik, Service terbaik, Blocker terbaik, Libero terbaik, Spiker terbaik dan Pengumpul point terbanyak ( semacam top scorer ).
Penilaian terhadap skill terbaik dilakukan oleh para petugas khusus yang selalu mengamati pertandingan dipinggir lapangan sebagai panitia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar